Attitude (Sikap) didefinisikan sebagai "Ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap beberapa hal". Attitude terbentuk dari berbagai macam hal. Dalam ilmu Psikologi, faktor-faktor pembentuk Attitude antara lain sebagai berikut :
1. Pengalaman pribadi
�� Dasar pembentukan Attitude: pengalaman pribadi harus meninggalkan kesan yang kuat
�� Sikap mudah terbentuk jika melibatkan faktor emosional
2. Kebudayaan
�� Pembentukan sikap tergantung pada kebudayaan tempat individu tersebut dibesarkan
�� Contoh pada sikap orang kota dan orang desa terhadap kebebasan dalam pergaulan
3. Orang lain yang dianggap penting (Significant Otjhers)
�� yaitu: orang-orang yang kita harapkan persetujuannya bagi setiap gerak tingkah laku dan opini kita, orang yang tidak ingin dikecewakan, dan yang berarti khusus
�� Misalnya: orangtua, pacar, suami/isteri, teman dekat, guru, pemimpin
�� Umumnya individu tersebut akan memiliki sikap yang searah (konformis) dengan orang yang dianggap penting.
4. Media massa
�� Media massa berupa media cetak dan elektronik
�� Dalam penyampaian pesan, media massa membawa pesan-pesan sugestif yang dapat mempengaruhi opini kita
�� Jika pesan sugestif yang disampaikan cukup kuat, maka akan memberi dasar afektif dalam menilai sesuatu hal �� hingga membentuk sikap tertentu
5. Institusi / Lembaga Pendidikan dan Agama
�� Institusi yang berfungsi meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam diri individu
�� Pemahaman baik dan buruk, salah atau benar, yang menentukan sistem kepercayaan seseorang hingga ikut berperan dalam menentukan sikap seseorang
6. Faktor Emosional
�� Suatu sikap yang dilandasi oleh emosi yang fungsinya sebagai semacam penyaluran frustrasi atau pengalihan bentuk mekanisime pertahanan ego.
�� Dapat bersifat sementara ataupun menetap (persisten/tahan lama)
�� Contoh: Prasangka (sikap tidak toleran, tidak fair)
Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan Attitude antara lain sebagai berikut:
1. Sumber dari pesan
o Sumber pesan dapat berasal dari: seseorang, kelompok, institusi
o Dua ciri penting dari sumber pesan:
a. Kredibilitas
�� semakin percaya dengan orang yang mengirimkan pesan, maka kita akan semakin menyukai untuk dipengaruhi oleh pemberi pesan.
�� Dua aspek penting dalam kredibilitas, yaitu:
- Keahlian keahlian dan kepercayaan saling berkaitan
- Kepercayaan
�� Tingkat kredibilitas berpengaruh terhadap daya persuasif
Kredibilitas tinggi �� daya persuasif tinggi
Kredibilitas rendah �� daya persuatif rendah
b. Daya Tarik
�� Kredibilitas masih perlu ditambah daya tarik agar lebih persuatif
�� Efektivitas daya tarik dipengaruhi oleh:
- daya tarik fisik
- menyenangkan
- kemiripan
2. Pesan (Isi pesan)
oUmumnya berupa kata-kata dan simbol-simbol lain yang menyampaikan informasi
o Tiga hal yang berkaitan dengan isi pesan:
a. Usulan
�� suatu pernyataan yang kita terima secara tidak kritis
�� pesan dirancang dengan harapan orang akan percaya, membentuk sikap, dan terhasut dengan apa yang dikatakan tanpa melihat faktanya
�� Cth: iklan di TV
b. Menakuti
�� cara lain untuk membujuk adalah dengan menakut-nakuti
�� Jika terlalu berlebihan maka orang menjadi takut, sehingga informasi justru dijauhi
c. Pesan Satu sisi dan dua sisi
�� Pesan satu sisi paling efektif jika orang dalam keadaan netral atau sudah menyukai suatu pesan
�� Pesan dua sisi lebih disukai untuk mengubah pandangan yang bertentangan
3. Penerima Pesan
o Beberapa ciri penerima pesan:
a. Influenceability
�� sifat kepribadian seseorang tidak berhubungan dengan mudahnya seseorang untuk dibujuk, meski demikian:
- anak-anak lebih mudah dipengaruhi daripada orang dewasa
- orang berpendidikan rendah lebih mudah dipengaruhi daripada yang berpendidikan tinggi
b. Arah Perhatian dan Penafsiran
�� Pesan akan berpengaruh pada penerima, tergantung dari persepsi dan penafsirannya
�� yang terpenting : pesan yang dikirim ke tangan orang pertama, mungkin dapat berbeda jika info sampai ke penerima kedua.
c. Kekebalan (saat menerima info yang berlawanan)
�� konsekuensi menerima pesan 1 sisi dan 2 sisi:
- Orang yang menerima, beberapa minggu kemudian kelihatan berbeda pendapat sesuai posisinya
- Pesan yang berlawanan akan lebih efektif pada penerima pesan satu sisi
- Penerima pesan 2 sisi lebih memiliki daya tahan terhadap pesan yang berlawanan
Sri
0 komentar:
Posting Komentar