Hosting Your Business Can Count On - GoDaddy.com

Rabu, 01 Agustus 2012

Attitude

Attitude (Sikap) didefinisikan sebagai "Ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap beberapa hal". Attitude terbentuk dari berbagai macam hal. Dalam ilmu Psikologi, faktor-faktor pembentuk Attitude antara lain sebagai berikut :
1. Pengalaman pribadi
�� Dasar pembentukan Attitude: pengalaman pribadi harus meninggalkan kesan yang kuat
�� Sikap mudah terbentuk jika melibatkan faktor emosional
2. Kebudayaan
�� Pembentukan sikap tergantung pada kebudayaan tempat individu tersebut dibesarkan
�� Contoh pada sikap orang kota dan orang desa terhadap kebebasan dalam pergaulan
3. Orang lain yang dianggap penting (Significant Otjhers)
�� yaitu: orang-orang yang kita harapkan persetujuannya bagi setiap gerak tingkah laku dan opini kita, orang yang tidak ingin dikecewakan, dan yang berarti khusus
�� Misalnya: orangtua, pacar, suami/isteri, teman dekat, guru, pemimpin
�� Umumnya individu tersebut akan memiliki sikap yang searah (konformis) dengan orang yang dianggap penting.
4. Media massa
�� Media massa berupa media cetak dan elektronik
�� Dalam penyampaian pesan, media massa membawa pesan-pesan sugestif yang dapat mempengaruhi opini kita
�� Jika pesan sugestif yang disampaikan cukup kuat, maka akan memberi dasar afektif dalam menilai sesuatu hal �� hingga membentuk sikap tertentu
5. Institusi / Lembaga Pendidikan dan Agama
�� Institusi yang berfungsi meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam diri individu
�� Pemahaman baik dan buruk, salah atau benar, yang menentukan sistem kepercayaan seseorang hingga ikut berperan dalam menentukan sikap seseorang
6. Faktor Emosional
�� Suatu sikap yang dilandasi oleh emosi yang fungsinya sebagai semacam penyaluran frustrasi atau pengalihan bentuk mekanisime pertahanan ego.
�� Dapat bersifat sementara ataupun menetap (persisten/tahan lama)
�� Contoh: Prasangka (sikap tidak toleran, tidak fair)

Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan Attitude antara lain sebagai berikut:
1. Sumber dari pesan
o Sumber pesan dapat berasal dari: seseorang, kelompok, institusi
o Dua ciri penting dari sumber pesan:
a. Kredibilitas
�� semakin percaya dengan orang yang mengirimkan pesan, maka kita akan semakin menyukai untuk dipengaruhi oleh pemberi pesan.
�� Dua aspek penting dalam kredibilitas, yaitu:
- Keahlian keahlian dan kepercayaan saling berkaitan
- Kepercayaan
�� Tingkat kredibilitas berpengaruh terhadap daya persuasif
Kredibilitas tinggi �� daya persuasif tinggi
Kredibilitas rendah �� daya persuatif rendah
b. Daya Tarik
�� Kredibilitas masih perlu ditambah daya tarik agar lebih persuatif
�� Efektivitas daya tarik dipengaruhi oleh:
- daya tarik fisik
- menyenangkan
- kemiripan
2. Pesan (Isi pesan)
oUmumnya berupa kata-kata dan simbol-simbol lain yang menyampaikan informasi
o Tiga hal yang berkaitan dengan isi pesan:
a. Usulan
�� suatu pernyataan yang kita terima secara tidak kritis
�� pesan dirancang dengan harapan orang akan percaya, membentuk sikap, dan terhasut dengan apa yang dikatakan tanpa melihat faktanya
�� Cth: iklan di TV
b. Menakuti
�� cara lain untuk membujuk adalah dengan menakut-nakuti
�� Jika terlalu berlebihan maka orang menjadi takut, sehingga informasi justru dijauhi
c. Pesan Satu sisi dan dua sisi
�� Pesan satu sisi paling efektif jika orang dalam keadaan netral atau sudah menyukai suatu pesan
�� Pesan dua sisi lebih disukai untuk mengubah pandangan yang bertentangan
3. Penerima Pesan
o Beberapa ciri penerima pesan:
a. Influenceability
�� sifat kepribadian seseorang tidak berhubungan dengan mudahnya seseorang untuk dibujuk, meski demikian:
- anak-anak lebih mudah dipengaruhi daripada orang dewasa
- orang berpendidikan rendah lebih mudah dipengaruhi daripada yang berpendidikan tinggi
b. Arah Perhatian dan Penafsiran
�� Pesan akan berpengaruh pada penerima, tergantung dari persepsi dan penafsirannya
�� yang terpenting : pesan yang dikirim ke tangan orang pertama, mungkin dapat berbeda jika info sampai ke penerima kedua.
c. Kekebalan (saat menerima info yang berlawanan)
�� konsekuensi menerima pesan 1 sisi dan 2 sisi:
- Orang yang menerima, beberapa minggu kemudian kelihatan berbeda pendapat sesuai posisinya
- Pesan yang berlawanan akan lebih efektif pada penerima pesan satu sisi
- Penerima pesan 2 sisi lebih memiliki daya tahan terhadap pesan yang berlawanan
Sri

0 komentar:

Posting Komentar

Friend's Blog